Kamis, 02 April 2015

MAKAN KOTORAN MATA ( ciloh;bhs jawa )


Ada seorang alumni pesantren yang mimpi bertemu abah kyainya, mimpi itu sangat jelas sekali ceritanya, cerita dalam mimpinya seperti apa yang tercoret di bawah ini;

Abah kyai nya ini adalah seseorang yang 'alim, beliau saat itu berma'mum pada kaka nya yang sama-sama kyai.

Tepat nya di saat hendak sholat jum'at, sebab ada suatu udzur, abah kyainya ini datang ke masjid di saat jama'ah sudah melakukan satu reka'at, begitu pun alumni pesantren yang bermimpi tersebut, dia pun ada udzur, sehingga dia dapat jama'ah sholat jum'at setelah tertinggal satu reka'at.

Dan alumni tersebut masuk kedalam masjid bersamaan dengan abah nya, awal nya beliau menampilkan wajah senyumnya, dan kebetulan alumni tersebut ketika berjama'ah berada tepat di samping abah nya.

Sebelum abah nya melakukan takbirotul ichrom, di sini lah cerita itu di mulai.

Sholat jum'at tinggal satu reka'at lagi, tua muda yang tahu hukum dan yang engga, mereka banyak sekali yang tidak ikut sholat, padahal dia datang dan masuk di dalam masjid.

Sebelum abah takbirotul ichrom, abah begitu marahnya dan berkata :

Apa-apan ini !! Pantas kah kalian dengan terang-terang masuk masjid tapi tidak ikut sholat !! sedangkan kalian semua adalah orang-orang yang berakal, kenapa hati kalian tak memerintah akal kalian untuk tidak melakukan sesuatu yang tak layak !!

Lalu abah memanggil seseorang yang tidak ikut sholat tersebut, orang nya bertubuh begitu besar nya di banding abah, namun, dengan begitu tegas nya abah menegur dengan sebuah kiasan.

Tangan abah menjulurkan ke muka orang tersebut, dan dengan jari beliau di ambil lah kotoran mata orang itu ( CILOH ; bahasa jawa ), lalu abah meminta orang tersebut untuk membuka mulut nya, dan abah memasuk kan Ciloh itu ke dalam mulut orang tersebut, dan orang tersebut di minta untuk menjilat ciloh yang di masukan abah.

Dan abah bilang ; " Pantas kah kamu memakan ciloh mu sendiri, enak kah ciloh ini ??"

Sebab begitu gemetar nya alumni yang berada tepat di samping abah nya melihat pemandangan tersebut, spontan, dia bangun dari tidur nya.

Lalu dia merenungkan dari mimpi yang begitu jelas crita nya, yang baru saja dia alami.

Dalam hatinya banyak yang dia resapi, sebenar nya apa dari maksud mimpi itu.

Begitu tegas nya abah yang 'alim mengambil kan suatu kiasan ketika seseorang melakukan hal yang tak pantas, yaitu,, beliau menggambarkan dengan memakan kotoran mata nya sendiri, ini benar-benar sesuatu yang tak pantas, dan ini lah sebuah kiasan yang baru ku ketahui untuk sesuatu yang tak pantas.

Dari kiasan tersebut, banyak sekali hikmah yang dapat dia ambil, mungkin itu adalah sebuah teguran untuk pribadi nya yang begitu banyak sekali melakukan hal-hal yang yang tak sewajarnya, yang dia lakukan secara terang-terang dan rahasia.

Kata nya dia adalah alumni pesantren, namun dia tak bisa menjaga nama baik guru dengan segala kebodohan yang dia lakukan ketika tiada lagi berada di dekat nya.

Dia pacaran terang-terangan tanpa rasa malu, dia berantem dengan pacar nya karna perjalanan cinta yang menurutnya sedang di uji, dia melakukan begitu banyak kemaksiatan dan dia berfikir kalau alloh itu pasti akan mengampuni dia jika dia bertobat, dan dia terus melakukan kemaksiatan dengan selalu berfikir dia akan bertaubat setelah itu,

Dan dia berfikir juga jika dia nanti menikah, dia mendapatkan pasangan yang sholihah, dia dengan tidak malu nya mengatakan; " hai kekasih ku setia lah padaku !!, jangan kau sakiti aku, karna aku nanti yang akan memberi jalan untuk surgamu ".

Dan masih banyak lagi kebodohan-kebodohan lain, dan semua kemaksiatan dan kesombongan yang dia lakukan itu adalah hanya pantas jika di lakukan oleh orang yang bodoh seperti dia.

Maka nya, mungkin kiasan dari cerita mimpi nya itu adalah agar dia bisa menghentikan segala pembodohan diri yang selalu dialakukan tanpa malu.


Itu lah coretan ku yang ku ambil dari cerita mimpi alumni pesantren yang tak ku sebutkan nama nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penjelasan singkat tentang sumber kuota data internet

  Internet itu apa? Internet adalah jaringan komputer global yang terhubung bersama yang memungkinkan pengguna untuk saling bertukar info...